Fiat Lux

Minggu, 16 Desember 2012

SR: Storm Rider, Science Robber, Sentrum.

19.45 Posted by Arasy Aziz , No comments


Saya melihat adanya kecenderungan, bahwa para siswa yang menghabiskan sebagian akhir masa mudanya di asrama gemar membentuk organisasi rahasia. Salah satu yang paling legendaris adalah Skull and Bones yang didirikan para mahasiswa University of Yale, New Haven, Connecticut, Amerika Serikat. Dari rahim organisasi yang berdiri tahun 1832 ini lahir sejumlah presiden AS seperti George Bush dan anaknya. Kisah pemuda yang membentuk persekutuan di asrama juga tak luput diangkat ke layar perak. Salah satu yang paling saya ingat adalah kisah Dead Poet Society dalam film berjudul sama. Saya menonton film ini pertama kali di tahun pertama MAN, dan mengenang setidaknya dua adagium: Carpe Diem dan Oh Captain, My Captain.

Hasrat untuk membentuk organisasi rahasia kemudian menghinggapi kami, bertiga waktu itu, siswa MAN Insan Cendekia Gorontalo. Perlu diketahui sebelumnya bahwa MAN kami menganut sistem sekolah berasrama, sehingga intensitas bertemu dengan kawan seperjuangan berada pada level 'dari bangun tidur hingga tidur kembali'. Kedekatan yang karib ini memudahkan kami menemukan kawan-kawan yang sepaham (Saya duga motif ini berlaku pula dibalik setiap organisasi rahasia). Kami kemudian menghimpun diri dibawah naungan nama SR, Storm Rider, terinspirasi dari manga Air Gear. Pada perjalanannya SR memiliki sejumlah nama lain. Science Robber misalnya, untuk mendefinisikan kami sebagai kelompok yang haus ilmu. Atau Sentrum, dalam upaya memposisikan diri sebagai sumbu rotasi Insan Cendekia. Dalam SR berlaku aturan bahwa setiap anggota memiliki id yang diambil dari nama-nama legendaris. Nama-nama ini diharuskan mengandung 's' dan 'r', dua huruf yang menyusun nama organisasi.

Siapa kami bertiga itu? Para anggota perdana ini adalah Ra, Osiris dan Cerberus. Kami bertiga kemudian mulai merekrut satu persatu anggota, berturut-turut Zephyrus, Ceres, Siren, Ikarus, Ares, Corsiva dan Corsica. Sempat timbul wacana agar menjadikan organisasi ini lestari dengan merekrut junior, namun usul ini tidak bulat diterima. Takdir barangkali. Menurut Karen Armstrong, 10 adalah bilangan paripurna. Dan menjadi 11, andai Infinity Matter dihitung.

Infinity Matter (IM)

Tokoh tertinggi dalam struktur organisasi kami. Eksistensinya misterius. Merupakan pemberi kuasa kepada Ra untuk mengepalai organisasi.

Ra
Nama Ra bersumber dari nama dewa matahari bangsa Mesir Kuno sebelum Akhenaten membawa ajaran dengan dewa matahari Aten. Dalam sejarah Ra dan Amon (dewa bulan) tewas dibunuh Seth. Keduanya kemudian hidup kembali dan berfusi menjadi Amon-Ra.
Satu-satunya anggota yang diberi kuasa khusus untuk tidak menggunakan huruf 's' dalam id-nya. Ra adalah sosok pemimpin SR. Berafiliasi dalam OSIS MAN Insan Cendekia Gorontalo sebagai anggota divisi Bahasa.
Ra saat ini: Mahasiswa Teknik Sipil UGM

Osiris
Osiris merupakan dewa langit dalam mitologi delta sungai nil kuno. Osiris menjadi salah satu korban dalam pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Seth, sebelum bangkit kembali setelah tewasnya Seth ditangan Horus, dewa angin anak Osiris.
Osiris sempat menjadi bagian dari tim olimpiade sains Insan Cendekia Gorontalo dengan mengambil konsentrasi ilmu bumi. Dikenal sebagai salah satu dari the big four pengetahuan populer di kalangan putra angkatan dua belas. Ya Tuhan, semakin panjang saya menulis tentang Osiris, semakin kuat rasa mual menyergap.
Osiris saat ini: Mahasiswa Hukum UB

Cerberus
Anjing berkepala tiga peliharaan Hades dalam mitologi Yunani Kuno, demikian Cerberus dikenal. Sempat diberitakan bertarung dengan Herakles dalam sebuah epos.
Cerberus kami adalah legenda mata pelajaran biologi, sebuah hal yang menyebabkan dia berkawan akrab dengan Hades (Siapa Hades? Next time!). Cerberus memerankan posisi penting sebagai kepala divisi spionase. Pada ujian akhir masa SMA dia memperoleh rerata nilai tertinggi. Epic!
Cerberus saat ini: Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian IPB

Zephyrus
Angin barat yang dingin, gemar menerbangkan kelopak bunga sakura. Zephyrus adalah dewa matematika dalam keluarga kecil kami. Memiliki sifat dingin dan gemar tidur (sifat umum yang dimiliki para tetua matematika di angkatan kami). Layak dipuji karena sukses mempertahankan hubungan jarak jauh yang telah berjalan hampir tiga tahun.
Zephyrus saat ini: Mahasiswa Teknik Kimia ITB

Ikarus
Dalam sebuah kisah diceritakan Ikarus merakit sayap yang dapat menerbangkannya ke langit. Ikarus berhasil, namun jumawa berlebihan hingga sayapnya terbakar dalam upaya menggapai matahari. Dia tewas dan jatuh ke bumi.
Ikarus mengambil konsentrasi pada bidang kimia. Legendaris sebagai sosok narsistik pada tingkat yang meneror. Diduga kuat menjalani hubungan istimewa sejenis dengan Ra.
Ikarus saat ini: Mahasiswa Kimia UI

Ares
Dewa perang mitologi Yunani Kuno dengan simbol kepala babi. Berseteru dengan baik dengan Athena, dewi perang Yunani dan pelindung kota Athens.
Terkenal karena gagal move on dan kesulitan melepas tagline 60-61. Memilih berkonsentrasi pada bidang ekonomi dan cukup disayangi para guru. Dalam kelompok IPS, merupakan peraih rerata tertinggi dalam UAN.
Ares saat ini: Mahasiswa Akuntansi UGM

Ceres
Ceres adalah dewi kesuburan dan cukup beruntung masuk dalam susunan 22 kartu tarot utama. Adalah sosok kekanakan dan keibuan dalam satu jiwa, Ceres kerap berbagi makanan dalam jumlah yang menyenangkan. Seperti Zephyrus, Ceres mengambil konsentrasi dalam bidang matematika.
Pada dasarnya terdapat alasan khusus yang menyebabkan seseorang diberi id tertentu. Dan Ceres memperolehnya dengan pertimbangan anugerah yang diberikan oleh Tuhan dalam hal postur tubuh.
Ceres saat ini: Mahasiswa Geografi UGM

Corsiva
Nama Corsiva bukan berasal dari mitologi manapun. Corsiva merupakan potongan dari nama salah satu font paling artisitik dalam aplikasi penulisan, Monotype Corsiva.
Selain bidang biologi yang ditekuninya, Corsiva memiliki kemampuan luar biasa dalam menggambar. Dalam angkatan kami, Corsiva merupakan salah satu maestro, utamnya dalam aliran manga. Dan saya baru tahu kalau kini dia penggila fashion juga, dari beberapa sumber.
Corsiva saat ini: Mahasiswa Manajemen Hutan IPB

Corsica
Seperti Corsiva, nama Corsica tidak tercantum dalam mitologi. Corsica adalah pulau tempat Napoleon Bonaparte diasingkan dan menemui ajal.
Corsica merupakan satu-satunya siswa Insan Cendekia yang dapat masuk ke dalam tiga tim olimpiade sains dalam kurun waktu dua tahun. Corsica terkenal sebagai anak yang rajin dan selalu menempatkan namanya pada puncak daftar rangking kelompok IPA, seingat saya.
Corsica saat ini: Mahasiswa Kedokteran UGM

Siren
Dalam mitologi Yunani Kuno, Siren merupakan hewan laut mistik yang gemar mengganggu para pelaut dengan nyanyian. Merupakan anggota yang paling sering berganti nama. Sebelumnya dinamai Iris, dewi pelangi mitologi Yunani.
Siren mengambil konsentrasi Fisika, sayang sekali saya kurang akrab dengan sosok yang satu ini. Ada yang mau menambahkan, barangkali?
Siren saat ini: Mahasiswa Kedokteran Universitas Tadulako

Layaknya sebuah sistem, SR memuat komponen-komponen yang saling terkait satu dan yang lain. Selain komponen internal berupa anggota diatas, terdapat pula unsur ekstraterestrial yang memengaruhi SR. Dalam tulisan selanjutnya, saya ingin bernostalgia lebih dalam tentang berbagai komponen tersebut, mulai dari Hades, Death Note hingga afiliasi lain di luar SR.  

0 komentar:

Posting Komentar